Monday, January 30, 2017

Bibit Tanaman Buah Langka

Karena keunikannya, keberadaan maupun bibitnya yang tidak mudah ditemukan, beberapa tanaman buah berikut digolongkan sebagai tanaman buah langka.

1. Katulampa
Katulampa merupakan salah satu pohon yang cukup langka. Pohon ini dapat tumbuh hingga mencapai 30 meter. Buahnya berwarna jingga ketika matang.

2. Jeruk jari buddha


Tanaman buah ini merupakan tanaman buah yang berasal dari China dan Myanmar. Buah dengan nama C. medica var. sarcodactylis ini, biasanya digunakan untuk keperluan ritual upacara dan pembuatan ramuan tradisional. Buah ini dikenal dengan nama Jeruk kuku macan di daerah Aceh. Buah ini memiliki bentuk jari tangan yang setengah mengepal dengan tekstur kulit yang tebal. Jeruk jari buddha memiliki rasa yang pahit dan getir.

3. Nangka tanpa kulit
Bibit buah ini menghasilkan buah nangka yang tidak memiliki kulit, sehingga nangka dapat langsung diambil tanpa perlu membuka kulitnya.

4. Nangka Merah


Nangka merah memiliki daging buah berwarna merah, dengan rasa manis yang serupa dengan nangka kuning.

5. Duku tanpa biji
Bibit tanaman ini menghasilkan buah duku yang tidak akan terasa pahit saat memakannya karena buah duku ini tidak mengandung biji yang menyebabkan rasa pahit saat tergigit.

6. Jaboticaba


Bibit tanaman yang berasal dari Brazil ini dapat menghasilkan buah dengan 7 rasa yaitu jambu biji, manggis, leci, srikaya, anggur, sirsak, dan markisa. Buah tanaman ini dinilai potensial karena merupakan anti kanker dan memiliki antioksidan yang tinggi.

7. Durian duri hitam (Ochee)
Buah durian duri hitam merupakan salah satu jenis durian unggul yang berasal dari Malaysia Utara. Buah ini memiliki daging buah yang berwarna kuning keemasan dengan tekstur lembut dan creamy, rasa daging yang manis legit dengan bau harum. Durian ini memiliki isi satuan daging yang lebih banyak dibanding durian dari jenis lainnya.

8. Sawo hitam


Buah asal Meksiko timur yang memiliki nama lain Black Sapote ini, memiliki kulit berwarna hijau dan daging buah berwarna coklat. Rasa buah ini menyerupai puding / agar-agar rasa coklat. Buah dengan diameter 5-10 cm ini, rendah akan lemak, namun kaya vitamin C. Kandungan inilah yang menyebabkan banyak orang yang memanfaatkannya sebagai pengganti coklat batangan.

9. Strawberry guava
Tanaman ini dapat tumbuh dengan mencapai tinggi 150 cm. Buah dari tanaman yang berasal dari Brazil ini memiliki rasa yang manis-asam menyegarkan, serta kaya akan antioksidan.

10. Mangga kelapa


Bibit buah ini dapat menghasilkan buah mangga kelapa yang beratnya 800 gr – 2 kg. Buah ini memiliki penampakan dari luar yang serupa dengan kelapa gading, dengan daging buah yang tebal, lunak, tidak berserat, mengandung banyak air dan rasanya manis seperti mangga.

11. Biwah / Loquat
Merupakan tanaman asal China yang menghasilkan buah dengan rasa manis. Daun pada tanaman ini dimanfaatkan sebagai obat terapi dan kecantikan.

12. Kelapa Thailand pandan wangi


Kelapa pandan wangi yang berasal dari Thailand ini memiliki air kelapa yang manis dengan aroma pandan.

13. Cempedak durian
Merupakan buah cempedak dengan aroma durian, sehingga dinamakan sebagai cempedak durian.

14. Cherry vietnam


Tanaman yang berasal dari Vietnam ini memiliki buah dengan rasa manis dan bertekstur renyah. Produksi buah pada tanaman ini mencapai puncak pada bulan September. Tanaman ini biasanya diiperbanyak melalui teknik cangkok.

15. Durian merah
Durian merah merupakan salah satu varietas durian yang memiliki daging buah berwarna merah. Buah dengan nama latin Durio graveolens ini merupakan buah unggulan dari daerah Jawa Timur yang berbuah satu kali dalam setahun. Biji pada buah durian jenis ini cenderung lebih kecil, daging buahnya juga lebih manis, dengan kadar alkohol yang lebih rendah.

0 comments:

Post a Comment

    Text Widget

    Followers