Thursday, February 2, 2017

Cara Menambah Kaki Ganda pada Durian

Penambahan kaki pada tanaman atau yang disebut sebagai kaki ganda adalah suatu metode penambahan kaki batang tanaman pada tanaman batang tunggal (utama). Pada mulanya metode ini ditemukan sebagai penanggulangan saat adanya serangan penyakit phytophthota pada jaringan kulit hingga jaringan xilem tanaman. Pengaplikasian kaki ganda memungkinkan tanaman terselamatkan oleh batang cadangan, saat batang utama terserang penyakit dan mati. Metode penyambungan kaki ganda juga seringkali disebut sebagai sambung sisip, dimana jaringan kambium batang cadangan ditempelkan ke jaringan kambium batang utama.

Kaki Ganda Pada Pohon Durian
Apa saja keistimewaan kaki ganda? Metode ini memiliki banyak manfaat bagi tanaman, yakni mengurangi resiko penyakit akar dan batang (seperti Phytophtora palmivora), menyebabkan akar tanaman menjadi kuat, suplai nutrisi tanaman tercukupi, mempercepat pertumbuhan, meningkatkan produksi, serta menghasilkan tanaman yang unik dan cantik. Hal ini menunjukan metode kaki ganda memiliki peluang keuntungan yang bagus untuk dapat diaplikasikan pada tanaman durian. Untuk dapat diaplikasikan, biasanya batang utama yang dipilih adalah yang berasal dari tanaman durian lokal yang mampu bertahan dengan iklim dan tanah tempat tanaman tersebut ditanam. Sedangkan, batang calon kaki dapat berasal dari jenis / varietas apa saja asalkan masih merupakan tanaman durian. Bagaimana cara melakukan penambahan kaki pada tanaman durian? Berikut ini adalah prosedur yang dapat dilakukan untuk menambahkan kaki pada tanaman durian.

  1. Siapkan pohon durian yang ingin disambung sisip, pisau steril yang tajam, tali rafia dan plastik pembungkus transparan yang dapat menutup dengan rapat. 
  2. Pilih tanaman beberapa durian yang sehat, dan segar untuk ditambahkan kakinya. Setelah tanaman durian dipilih, diberi perlakuan khusus dengan mengurangi penyiraman dan tidak memberikan pupuk selama 2-3 minggu. Hal ini dimaksudkan untuk mengkondisikan tanaman durian agar memiliki kandungan air rendah dan kambium yang lebih tebal. 
  3. Letakkan tanaman durian batang utama dan tanaman batang calon kaki cadangan dalam satu polybag. Dalam sekali pemasangan, jumlah maksimal kaki tambahan yang boleh dipasangkan adalah 3 kaki. Jumlah pemasangan kaki yang berlebihan dapat mengakibatkan batang utama menjadi stress dan mati.
  4. Kupas kulit tanaman durian batang utama dari bawah ke atas, pada tinggi yang sesuai dengan tinggi calon kaki cadangan. Usahakan agar kambium batang utama tidak tergores ataupun rusak. Kulit batang yang dikupas jangan dipotong habis, sisakan untuk menutup batang calon kaki tambahan yang nantinya akan disisipkan.
  5. Potong batang calon kaki cadangan dengan bentuk V terbalik. Sisi bagian batang yang terluka dilekatkan pada bagian batang utama yang sudah dikupas. Tutupi batang calon kaki tambahan dengan kulit batang utama yang sudah disisakan. Lakukan hal yang sama pada batang calon kaki tambahan lainnya, jika kaki yang ditambahkan lebih dari satu.
  6. Lapisi dan bungkus sambungan baru tersebut menggunakan plastik transparan dengan rapat. Usahakan agar sambungan terhindar dari air dan penguapan.
  7. Biarkan ikatan pada sambungan batang sampai 4 minggu atau lebih sampai batang terlihat agar tercekik, baru dibuka. 
  8. Untuk kaki tambahan yang akan ditambahkan pada periode berikutnya, tempatkan kaki tersebut diatas mata okulasi untuk memperkuat arsitektur tanaman serta menghindari hama dan jamur penyakit.

Video Tutorial Panduan Membuat Kaki Ganda

Penambahan kaki pada tanaman durian ini paling baik dilakukan saat tanaman durian masih muda usianya. Pada saat usia pohon masih muda, batang pohonnya masih lentur sehingga mudah untuk dilekatkan. Ukuran batang utama sebaiknya lebih besar daripada batang kaki tambahan.

0 comments:

Post a Comment

    Text Widget

    Followers