Wednesday, February 1, 2017

Bunga Hias Kembang Sepatu, Sang Tabib Pengobatan

Tanaman hias dengan nama latin Hibiscus rosa-sinensis atau yang dikenal dengan nama kembang sepatu, memiliki banyak manfaat bagi kesehatan dan pengobatan. Tanaman yang diduga berasal dari Asia Timur ini, memiliki karakteristik bunga yang berwarna merah dengan kelopak berjumlah 5 buah. Sama seperti manfaat buah naga pada artikel terdahulu, semua bagian pada tanaman kembang sepatu, mulai dari bunga sampai akar, memiliki kandungan senyawa yang bermanfaat untuk kesehatan. Apa saja manfaat pengobatan tanaman hias dari family Malvaceae ini? Bagaimana memanfaatkan bagian-bagian tanaman ini untuk pengobatan?


Manfaat Bunga Kembang Sepatu Untuk Pengobatan


  1. Memperlancar peredaran darah serta menurunkan tekanan darah tinggi dan kolesterol.
  2. Obat sulit buang air kecil. Memiliki efek diuretik untuk melancarkan saluran kemih.
  3. Obat flu, dan infeksi. Untuk obat flu dan infeksi, bunga kembang sepatu dapat dimanfaatkan karena bagian bunganya bermanfaat untuk menangkal radikal bebas. Daun kembang sepatu juga dapat dimanfaatkan untuk mengatasi infeksi, karena daun tanaman ini kaya akan vitamin C dan antioksidan. Infeksi seperti batuk dan sariawan dapat diobati dengan air rebusan daun kembang sepatu yang diminum atau dijadikan obat kumur.
  4. Obat demam. Untuk menurunkan demam, bagian tanaman yang dapat dimanfaatkan adalah daun kembang sepatu sebanyak 50 gr ditambah daun pepaya setengah lembar dan garam Inggris 10 gr yang direbus dengan ½ liter air dan diminum airnya. Selain diminum, air rebusan tersebut juga dapat dipergunakan untuk mengkompres. Hal ini disebabkan daun kembang sepatu memiliki sifat anti-piretik yang ampuh untuk menurunkan panas.
  5. Obat sakit kepala. Pengobatan sakit kepala dengan daun kembang sepatu dilakukan dengan memanfaatkan air rebusannya sebagai kompres, maupun untuk diminum.
  6. Obat Gondok. Air rebusan daun kembang sepatu dapat digunakan untuk mengobati gondok. Selain rebusan, pastanya juga dapat digunakan sebagai obat balur luar.
  7. Pencegahan rambut rontok. Pencegahan ini dilakukan dengan menjadikan lendir pada bagian daun sebagai bahan masker  yang dioleskan pada rambut. Caranya dengan menghaluskan daun kembang sepatu dan menambahkan dengan sedikit minyak kelapa. Setelah didiamkan sejenak, dapat dioleskan ke permukaan rambut. Selain mencegah rambut rontok, tanaman kembang sepatu juga bermanfaat untuk menjaga rambut agar tetap hitam dan berkilau. 
  8. Mengobati bisul.
  9. Membantu melancarkan pencernaan dan mengobati sembelit.
  10. Menambah energi dan menurunkan berat badan. Teh kembang sepatu memiliki kandungan yang bermanfaat untuk menurunkan lemak dan kalori pada tubuh serta mengembalikan energi yang hilang.
  11. Mendukung kinerja hati dan mengeluarkan racun dari dalam tubuh.
  12. Menjaga kesehatan kulit. Bagaimana cara menghilangkan bekas jerawat ? Anda bisa menggunakan bunga kembang sepatu, kandungan minyak pada bagian daun dan bunga kembang sepatu, dapat digunakan untuk mengangkat sel mati, meregenerasi kulit yang rusak, menghaluskan kulit dan mencegah penuaan dini. Manfaat ini didapat dengan cara menggunakan meremas bagian daun dan ditempelkan pada bagian kulit. Sedangkan bagian bunga diolah dengan menjadikannya masker wajah.
Untuk penggunaan obat luar, daun kembang sepatu ditumbuk dan dihaluskan. Daun yang telah ditumbuk dapat dibalurkan sebagai obat luar.

Ternyata manfaat dari kembang sepatu untuk pengobatan banyak, bukan? Rasanya tidak rugi jika mulai melakukan budidaya tanaman hias kembang sepatu. Selain dapat memperindah dan menyejukan halaman rumah, manfaat pengobatan herbal juga bisa diperoleh. Tanaman hias kembang sepatu dapat diperoleh pada toko online bibitbunga .com dengan harga yang terjangkau. Hanya dengan biaya berkisar Rp 40.000,- sampai Rp 85.000,-  manfaat pengobatan kembang sepatu sudah bisa dihadirkan di pekarangan rumah sendiri.
Categories:

2 comments:

  1. Bosan tidak tahu mau mengerjakan apa pada saat santai, ayo segera uji keberuntungan kalian
    hanya di D*EW*A*P*K / pin bb D87604A1
    dengan hanya minimal deposit 10.000 kalian bisa memenangkan uang jutaan rupiah
    dapatkan juga bonus rollingan 0.3% dan refferal 10% :D

    ReplyDelete
  2. Hot Promo Edenpoker, Bonus NEW MEMBER Rp.10.000,- + Bonus DEPOSIT 5%
    Nikmati promo menarik Edenpoker .co
    - Minimal deposit da withdraw Rp.15.000,-
    - Bonus Rollingan 0,3 - 0.5%
    - Bonus New Member RP.10.000,-
    - Bonus Deposit 5%
    - Bonus referral sebesar 10% seumur hidup
    Nikmati juga JACKPOT hingga Ratusan Juta Rupiah.
    Ajak temanmu sebanyak mungkin untuk bermain di Edenpoker, dan dapatkan 10% BONUS REFERRAL...
    Jadi Tunggu Apa lagi... Ayo Daftar Sekarang Juga,Ajak Teman-teman Kalian Dapat Bonus Juga.Poker Pelayanan Cepat dan Baik. Untuk informasi lebih lanjut, silahkan menghubungi Customer Service kami di :

    WA : +855 7863 3569

    LINK : WWW. Edenpoker .co

    LINK ALTERNATIF : WWW. Edenpoker .BET

    LINK ALTERNATIF : WWW. Edenpoker .CO .

    ReplyDelete

    Text Widget

    Followers