Thursday, January 26, 2017

Jenis-Jenis Bunga Hias

Bunga adalah elemen estetika yang merupakan karunia alam semesta untuk manusia. Tidak ada batasan bagi kita untuk menikmati keindahan bunga, entah itu dari warnanya yang beraneka rupa, bentuk fisiknya, hingga keunikan batang si bunga sendiri bisa kita nikmati sebagai suatu bentuk keindahan. Secara teori, bunga merupakan salah satu bagian dari tanaman hias, salah satu kategori dari berbagai manfaat tanaman yang diambil fungsi estetikanya.

Foto Bunga Hias
Kebanyakan dari kita akan memilih bunga sebagai tanaman hias untuk kita rawat dibandingkan jenis tanaman hias lain nya seperti tanaman hias dan ataupun batang dikarenakan bunga lebih mudah untuk dirawat,tidak memerlukan ruang yang besar, dan memiliki tingkat estetika yang cukup tinggi. Berikut ini adalah jenis-jenis bunga hias dan gambar bunga hias yang mungkin bisa Anda jadikan opsi untuk menghiasi rumah atau ruangan Anda.

Jenis-Jenis Bunga Hias

Bunga Mawar

Gambar Bunga Mawar
Mungkin, istilah “Say it with flowers” muncul dan mendunia karena keindahan bunga satu ini. Mawar atau dengan nama latinnya Rosa merupakan idola dari sekian banyak bunga hias yang ada di dunia. Mawar memiliki keindahan bentuk dan warna yang sangat cocok digunakan sebagai penghias ruangan, dekorasi pengantin, bunga ucapan bahkan sekedar hadiah untuk menyatakan perasaan cinta kepada pasangan Anda. Kenapa seseorang bisa merasa bahagia jika mendapatkan bunga mawar? Karena harum bunga mawar dipercaya dapat menghilangkan rasa stres atau depresi yang diderita oleh seseorang. Bahkan terdapat zat kimia pada bunga mawar yang dapat dimanfaatkan sebagai terapi sakit kepala.

Bunga Melati

Gambar Bunga Melati
Menyebutkan bunga mawar tanpa menyebutkan bunga satu ini rasanya kurang pas, seolah-olah kedua bunga ini ditakdirkan menjadi satu kesatuan yang tidak boleh dipisahkan, bahkan jika kita ingat salah satu lirik lagu anak-anak menggabungkan kedua bunga tersebut dalam baitnya “Mawar melati semuanya indah..”. Melati atau mungkin dikenal dengan sebutan Jasmine atau Jasminum merupakan bunga hias yang memiliki aroma wangi yang khas. Karena keunikan aroma dan bentuknya, bunga melati sering dijadikan simbol atau perlengkapan ritual adat (upacara adat, pernikahan dan sebagainya) bagi penduduk Jawa dan Sunda.

Kamboja

Gambar Bunga Kamboja
Bunga hias satu ini memiliki nama yang hampir sama dengan negara tetangga Indonesia di ASEAN, Kamboja. Plumeria merupakan nama latin dari bunga yang memiliki ciri berupa getah daunnya yang terasa pahit ini. Namun tidak banyak yang tahu, jika bunga dan getah bunga Kamboja yang pahit tersebut bisa menangkal berbagai macam penyakit seperti disentri, radang saluran pernafasan bahkan hingga TBC dan hepatitis. 

Amarillis

Gambar Bunga Amaryllis atau Bunga Amarilis
Mungkin Anda tidak asing dengan bunga yang satu ini karena beberapa lalu sempat menjadi trending topic di dunia maya bahkan sampai muncul pada berita beberapa stasiun TV Nasional dikarenakan beberapa oknum yang tidak bertanggung jawab melakukan selfie di kebun Amarillis Gunung Kidul dan merusak tumbuhan ini. Bunga Amarillis adalah salah satu bunga hias yang memiliki ciri keindahan warna bunga yang khas dan beraneka rupa. Tanaman satu ini sangat mudah berbunga asalkan kondisi tanamnya sangat sesuai. Selain keindahannya, Amarillis juga dipercaya memiliki manfaat sebagai pengusir nyamuk yang efektif.

Kenanga

Gambar Bunga Kenanga
Bunga Kenanga atau nama latinnya Cananga odorata merupakan bunga hias yang cukup sering kita jumpai dan merupakan bunga identitas dari Provinsi Sumatera Utara. Ciri utama bunga ini adalah kelopaknya yang berwarna kuning matang dengan aroma wanginya yang khas. Bunga ini memiliki keharuman yang dapat Anda gunakan untuk memberikan efek nyaman bagi rumah Anda. Sayangnya, karena sering digunakan sebagai media “tabur bunga” di pemakaman, membuat efek mistis melekat pada bunga ini dan jarang ada yang mau menanam bunga ini di pekarang rumah.
Categories:

0 comments:

Post a Comment

    Text Widget

    Followers