Friday, January 27, 2017

Macam-Macam Tanaman Hias

Tanaman hias tidak terkonsentrasi pada satu jenis tanaman saja melainkan hampir semua jenis tanaman baik merambat, semak, perdu bahkan pohon sekalipun bisa dijadikan tanaman hias tergantung bagaimana bentuk dan penataan yang akan kita lakukan nantinya. Tanaman hiaspun bisa dikreasikan menyesuaikan volume ruang, tata bentuk ruangan serta, serta bentuk pencahayaan dan ventilasi hunian kita.

Untuk hunian dengan volume ruang yang tidak terlalu besar, tanaman hias bisa dikreasikan dalam bentuk pot bunga konvensional menggunakan media tanah hingga menggunakan pernak-pernik pot kekinian (pot plastik, baskom maupun aquarium) dengan memanfaatkan media hydrogel. Jika hunian Anda memiliki volume luas dan ventilasi udara serta pencahayaan maksimal, sangat disarankan untuk mengkreasikan tanaman hias Anda dalam bentuk taman mini atau taman gantung.

Tanaman Hias Pada Taman Gantung
Dengan berbagai macam kreasi yang sangat mungkin kita gunakan tersebut, sekarang kita dihadapkan dengan pertanyaan, macam-macam tanaman hias yang seperti apa yang bisa kita gunakan untuk memaksimalkan kreasi tersebut. Berikut ini adalah macam-macam tanaman hias yang dapat Anda gunakan untuk meningkatkan keindahan dekorasi rumah Anda.

Tanaman Hias Bunga


Tanaman Hias Bunga Adalah Jenis Tanaman Hias yang menunjukkan estetika nya dari bentuk maupun bunga nya yang indah dan menarik hati. Tanaman hias jenis ini biasanya paling sering ditanaman di dalam pot, polybag maupun vas unik dengan menggunakan media tanam berupa tanah maupun hydrogel. Contoh tanaman hias jenis ini antara lain : 

Bunga Matahari 

Bunga Matahari di Tanam Pada Media Pot
Secara fisik bunga matahari memang sangat cocok jika Anda ingin mengkreasikan tanaman hias Anda dalam bentuk taman mini ataupun pot bunga di teras atau balkon Anda. Dengan warnanya yang kuning cerah serta bentuk fisik bunga yang lebar dan unik, menjadikan bunga matahari adalah pilihan tepat untuk taman mini idaman Anda.


Bunga Teratai

Bunga Teratai Biru
Bunga Teratai yang hidup di habitat yang keruh (kotor kecoklatan karena lumpur) akan semakin cemerlang warna bunganya, jika teratai tersebut berwarna putih maka putihnya semakin cemerlang, jika merah atau pink akan semakin jelas warna bunga nya.

Tanaman Hias Daun


Berbeda dengan Tanaman Hias Bunga yang memiliki opsi keindahan dari bentuk fisik bunga dan warnanya yang beraneka rupa, Tanaman Hias Daun memiliki keterbatasan pada bentuk fisik daun yang indah saja, karena hampir semua daun memiliki ciri warna yang tidak terlalu berbeda. Mayoritas Tanaman Hias Daun ditanaman di dalam pot-pot besar ataupun lahan yang lumayan besar dikarenakan bentuk fisik daunnya yang lebar dan batangnya yang lumayan kuat dan tebal. Namun, di beberapa varietas, terdapat pula Tanaman Hias Daun yang memiliki batang menyerupai tanaman rambat.

Sirih Gading

Tanaman Hias Sirih Gading
Tanaman sirih gading memiliki bentuk akar yang hampir sama dengan tanaman merambat dengan kombinasi daun yang lebar dengan corak putih. Untuk Anda yang bekerja di area dengan polusi udara cukup tinggi (banyak perokok/asap polusi), tanaman Sirih Gading juga menawarkan manfaat lebih sebagai penetralisir racun yang diakibatkan oleh polusi udara.

Tanaman Hias Batang


Dari kedua jenis tanaman hias sebelumnya, Tanaman Hias Batang adalah jenis tanaman hias yang memiliki peminat cukup terbatas, karena jenis tanaman hias ini hanya bisa dinikmati dalam bentuk fisik dari batang nya yang beraneka ragam, tanpa keindahan bunga maupun daun yang memberikan variasi berbeda. Kebanyakan Tanaman Hias Batang berasal dari jenis bambu seperti Bambu Jepang, Bambu Kuning dan Bambu Rejeki. Namun, ada beberapa jenis Tanaman Hias Batang yang tidak berasal dari jenis bambu, yaitu kaktus dan kamboja.
Categories:

0 comments:

Post a Comment

    Text Widget

    Followers