Friday, January 27, 2017

Harga Bibit Durian Musang King

Durian Musang King adalah salah satu varietas durian yang layak menyandang gelar “Sang Raja Durian”. Varietas durian satu ini merupakan produk unggulan yang berasal dari tanah Malaysia. Selain memiliki julukan sebagai Raja Durian, buah yang memiliki nama latin Durio sp  ini juga memiliki julukan lain yaitu Sang Raja Kunyit. Hal ini disebabkan karena memiliki daging buah berwarna kuning terang laksana kunyit.

Buah Durian Musang King Dari Malaysia
Sekilas kita sebagai pecinta durian maupun orang awam yang baru pertama menikmati durian pasti bertanya-tanya, kenapa durian satu ini mendapat nama Durian Musang King? Saran saya, Anda jangan terjebak dengan spekulasi bahwa durian satu ini memiliki bentuk seperti musang atau ditanam menggunakan pupuk dari kotoran musang, bukan.

Durian Musang King ditanam sabagaimana mestinya durian jenis yang lain dan memiliki bentuk yang tidak jauh berbeda, hanya saja durian Musang King memiliki kecenderungan bentuk yaitu lonjong menyerupai bola rugby dalam permainan American Football. Secara fisik durian Musang King hanya bisa dibedakan dari bentuk durinya yang menyerupai piramida dan memiliki struktur tepi yang rata, memiliki 5 garis dari pangkal tepinya dan pangkal buah nya yang berwarna cokelat.

Lantas apa yang menjadikan buah durian satu ini memperolah nama Durian Musang King? Durian Musang King memiliki nama khas tersebut dikarenakan lokasi penemuan buah ini yang cenderung unik. Buah Durian Musang King ditemukan tumbuh subur di sekitaran Goa Musang oleh penduduk lokal Malaysia. Karena lokasi penemuan nya yang cukup unik dan tidak wajar itulah, buah Durian Musang King mendapatkan nama pasarnya dan kini dikenal oleh dunia internasional.

Video Kebun Durian Musang King

Terlepas dari namanya yang unik, predikat sebagai raja memang layak disematkan kepada Durian Musang King, karena selain keunikannya, durian ini terkenal memiliki daging buah yang sangat lembut dan tebal serta sangat mudah dilepaskan dari bijinya. Sehingga para penikmat durian semakin dimanjakan oleh kelebihan Durian Musang King tersebut.

Bukan raja namanya jika tidak memiliki harga yang pantas. Seperti sebuah pepatah dari tanah jawa : “Ono rego,ono rupo”  yang artinya Ada Harga Ada Rupa (Kualitas). Sama seperti Durian Musang King ini, dengan segala keunikan dan kelebihannya sudah dapat dipastikan bahwa harga Durian Musang King pasti sangat jauh berbeda dengan harga durian pada umumnya.

Jika satu buah durian biasa berharga Rp 100.000, maka harga Durian Musang King dapat dipastikan mencapai 2 kali lipat nya bahkan lebih yaitu dikisaran Rp 250.000 hingga Rp 300.000 tergantung musim dan jumlah stok durian Musang King di pasaran. Setelah tau perbandingan tersebut, kita pasti bertanya (dengan mental wirausaha yang kita miliki) berapakah harga bibit Durian Musang King di Indonesia?

Bibit atau Benih Durian Musang King
Harga bibit Durian Musang King di Indonesia sangat bervariasi tergantung lokasi pembelian bibit dan varietas bibit Durian Musang King itu sendiri. Sebagai contohnya, harga bibit Durian Musang King di daerah Kebumen mencapai Rp 200.000 per pohon untuk jenis 60 cm dan Rp 400.000 per pohon untuk jenis 70 cm. Untuk jenis 70cm memang agak mahal karena selain memiliki daun yang cukup lebat, cabang pohon ukuran 70 cm juga lebih banyak sehingga dapat menghasilkan buah lebih banyak pula.

Beda di Kebumen beda pula harga bibit Durian Musang King di daerah Kediri, Jawa Timur. Di Kediri, harga bibit Durian Musang King ukuran tinggi satu meter mencapai Rp 350.000 hingga Rp 450.000 tergantung banyaknya cabang. Dengan harga bibit Durian Musang King tersebut, seorang pengusaha bisa mencapai omzet Rp 20-25 juta per bulannya, sangat menggiurkan bukan. Semoga informasi mengenai Durian Musang King dan harga bibit Durian Musang King ini dapat memberikan manfaat dan inspirasi bagi Anda untuk mencoba usaha ini di rumah, selamat mencoba dan semoga sukses.

0 comments:

Post a Comment

    Text Widget

    Followers