Saturday, January 28, 2017

Nama-Nama Tanaman Hias

Kriteria hunian yang sangat nyaman untuk ditinggali adalah aman, bersih dan indah. Tiap-tiap komponen itu harus terpenuhi agar sang penghuni bisa betah untuk menetap dalam sebuah hunian. Dari semua faktor tersebut, faktor keindahanlah yang membutuhkan usaha atau effort yang lebih dalam penerapannya. Untuk membuat hunian yang indah, sang pemilik rumah biasanya menghiasi hunian tersebut dengan dekorasi-dekorasi yang mendukung, baik itu menggunakan metode pengecatan yang baik, menambahkan wallpaper, hingga dekorasi interior yang indah. Tapi sebenarnya jika sang pemilik rumah jeli, ada sebuah bentuk ornamen yang dapat digunakan untuk melengkapi keindahan sebuah hunian. Ornamen ini bahkan tidak hanya memberikan estetika saja tetapi faktor kesehatan serta pemandangan yang menarik mata. Ornamen tersebut adalah tanaman hias.

Banyak sekali jenis tanaman hias yang tersebar di Indonesia dan dapat kita gunakan untuk mempercantik hunian kita. Ada banyak dari tanaman hias itu yang sudah kita kenal karena sering kita temui di kehidupan sehari-hari, tetapi ada juga yang langkah dan mungkin masih awam terdengar di telinga kita. Berikut ini adalah nama-nama tanaman hias yang mungkin bisa Anda jadikan referensi untuk di areal taman hunian Anda atau sekedar pemanis ruangan pribadi/kerja Anda.

Pakis Haji



Pakis Haji atau dengan nama latin Cycas merupakan salah satu tanaman hias yang lumayan sering kita dengar, bahkan di beberapa daerah nama Pakis Haji telah dinobatkan sebagai nama jalan. Namanya yang unik menjadi ciri khas Pakis Haji, dan sampai sekarang pun masih jadi misteri di kalangan banyak orang kenapa tanaman ini dinamakan Pakis Haji, apakah tanaman ini berasal dari Kota Mekah tempat ibadah haji atau yang menemukan pertama kali adalah seseorang yang sudah naik haji, belum ada yang tau alasannya. Uniknya, walaupun dinamakan Pakis Haji, tanaman ini tidak termasuk dalam genus tanaman Pakis melainkan satu-satunya tanaman dalam genus Cycadaceae.

Kuping Gajah



Saat pertama kali kita mendengar nama ini, kita dihadapkan dengan kebingungan apakah ini nama tanaman atau makanan, karena di beberapa daerah nama Kuping Gajah adalah nama sebuah makanan ringan yang terbuat dari tepung. Tanaman dengan nama latin Anthurium Crystallinum ini memiliki ciri fisik yang sesuai dengan namanya, yaitu berdaun lebar dan besar mirip dengan telinga (kuping) gajah. Tanaman Kuping Gajah merupakan jenis tanaman yang tangguh karena tidak perlu banyak disiram dan cukup sedikit saja terkena cahaya matahari, sehingga kita tidak terlalu repot untuk merawatnya.

Sri Rejeki



Terlihat dari namanya, tanaman hias satu ini memberikan daya tarik tersendiri bagi orang awam yang ingin memiliki tanaman hias di rumahnya. Sri Rejeki atau dengan nama latinnya Aglonema merupakan jenis tanaman hias yang memiliki keindahan dari segi daunnya. Warna daunnya yang unik yaitu merah dengan corak hijau kekuningan merupakan daya tarik tersendiri dari tanaman Sri Rejeki. Timbul pertanyaan di benak kita, apakah tanaman Sri Rejeki bisa benar-benar mendatangkan rejeki? Benar, tanaman Sri Rejeki yang daunnya bercorak unik dan mencolok memiliki daya tarik tersendiri di pasaran sehingga harganya bisa sangat tingi.

Lidah Mertua



Lidah Mertua, tanaman unik dengan namanya yang eksentrik ini merupakan jenis tanaman hias yang menawarkan estetikanya dari bentuk fisik daunnya yang berbentuk tegak menjulang dengan ujungnya yang runcing dan tajam. Lidah mertua memiliki banyak manfaat lain, yaitu sebagai pereda radiasi dari barang-barang elektronik di sekitar kita. Karena manfaat tersebut, Lidah Mertua sangat cocok untuk ditanam di areal perkantoran yang sering menggunakan perangkat kerja berupa komputer agar dampak radiasi bisa diminimalisir. Lidah mertua juga bermanfaat menghasilkan Oksigen yang lebih banyak daripada tanaman lainnya.

0 comments:

Post a Comment

    Text Widget

    Followers