Saturday, January 28, 2017

Tanaman Merambat Tahan Panas

Tanaman merambat merupakan tanaman yang menggantungkan hidupnya pada tumbuhan atau media lain untuk mempertahankan dirinya dalam perjuangan medapatkan sinar matahari yang cukup untuk pertumbuhannya. Pada habitatnya di hutan, tanaman merambat tumbuh sangat rendah dan nyaris kesulitan mendapatkan sinar matahari, hal ini semakin diperburuk dengan batang tanaman ini yang cenderung kecil dan lemah. Untuk bertahan hidup, tanaman ini berevolusi dan mengembangkan organ lain seperti sulur, akar ataupun duri untuk bisa “menumpang” pada tanaman lain yang lebih tinggi agar kebutuhan sinar matahari dapat terpenuhi. Tanaman merambat kini juga sering dikembangkan sebagai salah satu jenis tanaman hias yang mampu memberikan kesan indah dan menarik pada dekorasi rumah Anda. Dari sekian banyak tanaman merambat yang bisa Anda gunakan, terdapat beberapa jenis tanaman merambat tahan panas yang bisa Anda manfaatkan jika kondisi pencahayaan rumah Anda cukup banyak dan bagus.

Bunga Thunbergia



Tanaman ini pertama kali ditemukan oleh seorang ahli botani asal Swedia bernama Carl Peter Thunberg, karena hal itulah bunga ini diberi nama dari nama akhir si penemunya. Bunga Thunbergia memiliki ciri khas kelopak bunga yang cukup besar, hampir menyerupai bunga terompet, sehingga sangat cocok digunakan untuk menghiasi sudut suatu rumah. Khusus untuk jenis Thunbergia alata, bagian tengah bunganya berwarna hitam khas sehingga sering disebut black-eyed Susan. Selain kecantikan bunganya, Bunga Thunbergia memiliki keunikan lainnya, yakni mekar di pagi hari dan menguncup di sore hari. Tumbuhan ini terkenal tahan panas dikarenakan kebutuhannya terhadap sinar matahari yang lebih banyak dibanding jenis bunga lain.

Bunga Mandevilla Sanderi



Banyak sekali tanaman merambat yang kita jumpai dipasaran, namun dari sekian banyak tanaman tersebut jarang sekali yang menghasilkan bunga dengan warna indah dan beragam. Selain Thunbergia, salah satu tanaman merambat dengan bunga yang menawan adalah Bunga Mandevilla Sanderi. Bunga ini dikenal mampu tumbuh rimbun dan meghasilkan bunga dengan warna-warna cerah yang mampu menghibur mata kita yang memandangnya. Bentuknya yang menyerupai terompet membuat bunga ini memiliki nama lain yaitu bunga terompet. Bunga Mandevilla Sanderi diyakini berasal ari Florida, Amerika Serikat. Kombinasi warna yang paling sering ditemui dari bunga ini adalah pink, merah dan putih. Selain warnanya yang beragam, bunga ini juga memiliki bentuk kelopak yang beraneka ragam pula, salah satu jenis dari bunga ini memiliki kelopak yang menumpuk layaknya bunga mawar. Tumbuhan ini memiliki kemampuan tahan panas karena jika terkena panas yang cukup intens, Bunga Mandevilla Sanderi akan semakin menunjukkan kecerahan warnanya yang memukau.

Rock Soapwort



Rock Soapwort atau dikenal dengan Soapwort merupakan tumbuhan dengan nama unik yang mampu membuat Anda bertanya-tanya ketika pertama kali Anda mendengarnya. Saya yakin Anda pasti bertanya-tanya “Apa hubungan tanaman ini dengan sabun (soap) ?” Tenang, Anda tidak salah karena tanaman dengan nama latin Saponaria ocymoides ini memang sering digunakan sebagai bahan dasar pembuatan sabun. Bagian akar dan daun dari tanaman ini merupakan bahan untuk membuat sabun yang dapat digunakan untuk mencuci atau membersihkan kain yang halus. Bentuk bunganya yang kecil dan rimbun, serta warnanya yang cerah membuat bunga ini sangat cocok digunakan sebagai media dekorasi rumah Anda. Bahkan banyak yang menilai bahwa bunga Rock Soapwort ini jika ditanam secara luas akan terlihat seperti karpet atau beludru indah yang membentang.

0 comments:

Post a Comment

    Text Widget

    Followers